-->
10  Manfaat Basil untuk Kesehatan

10 Manfaat Basil untuk Kesehatan

10 Manfaat Basil untuk Kesehatan

10  Manfaat Basil untuk Kesehatan
Basil

Go- Health ,Basil merupakan jenis tanaman rempah, yang mana bagian daun, biji dan bunganya sering digunakan dalam masakan yang memiliki aroma yang khas. Basil sering lalai digunakan di berbagai jenis makanan Italia, China, India, dan Thailand. Jika di Indonesia sering menggunakan bijinya untuk campuran minuman.

Tanaman ini memiliki ciri yang unik, bentuknya yang lonjong dengan ukuran yang cukup besar. Daunnya berwarna hijau cerah dan jumlahnya cukup banyak dalam satu tanaman. Selain itu memiliki lekukan daun mengarah keluar.

Tak hanya itu saja, kandungan basil juga sangat terkenal dengan khasiat untuk kesehatan. Di dalamnya banyak sekali kandungan gizi, misalnya mineral dan vitamin. Kandungan alami yang di miliki oleh daun basil ialah Niacin, thiamin, asam folat, riboflavin, vitamin B6, vitamin K, vitamin C, vitamin E vitamin A, dan masih banyak yang lainnya. Tanaman ini tumbuh di iklim tropis di Indonesia.

Berikut ini manfaat daun basil untuk kesehatan.
1. Anti oksidan
Manfaat daun basil ini dapat mencegah efek radikal bebas. Melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sebab Dau ini mengandung cukup banyak Anti oksidan alami.

2. Mencegah sariawan
Daun basil sangat bagus untuk mencegah sariawan, sebab daun ini mengan banyak vitamin C, yang paling dibutuhkan saatanda sering sariawan.

3. Mencegah kanker
Manfaat daun basil berhubungan dengan anti oksidan. Nah anti oksidan ini bagus untuk mencegah penyakit kanker. Kanker muncul akibat dari paparan radikal bebas yang menyerang sel tubuh dan menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini terbukti dengan penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Molekular Madicine Reports menemukan jika ekstrak basil dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker ovarium. Memakan daun basil secara teratur akan membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun basil juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun yang kuat akan penyakit menular tanah menimbulkan gangguan kesehatan.

5. Anti bakteri alami
 Daun basil bisa di jadikan sebagai daun anti bakteri yang alami. Kandungan senyawa dan nutrisi yang ada di dalamnya akan menghilangkan bakteri serta kumn yang biasanya menjadi penyebab utama munculnya penyakit. Hal tersebut terbukti dengan adanya penelitian di jurnal Molekul menemukan bahasa minyak atau alami dalam basil dapat menghambat beberapa obat resistance bakteri E coli. E coli merupakan bakteri yang dapat menginfeksi makanan yang terkontaminasi yang menyebabkan diare, muntah dan kram.

6. Menyehatkan jantung
Jika Anda menginginkan jantung lebih sehat, konsumsilah daun basil. Sebab daun ini mempunyai banyak kandungan mineral dan vitamin yang berperan penting dapat menjaga kesehatan, memperbaiki, mempertahankan kinerja jantung tetap optimal. Dengan begitu jantung akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang menyerang jantung, misalnya serangan jantung, gagal jantung dan lainnya.

7. Baik untuk kesehatan mata
Daun basil ini memiliki vitamin A, yang bisa di gunakan untuk kesehatan mata.

8. Mencegah radang
Daun basil merupakan dunia herbal yang bisa dijadikan obat mencegangan. Sebab daun ini mempunyai banyak kandungan anti inflamasi yang mampu menyembuhkan radang.

9. Menyehatkan tulang
Selain buah dan makanan bergizi, ternyata mengonsumsi daun basil juga bisa menyehatkan tulang. Daun ini membantu menguatkan tulang, terutama bagi Anda yang mengalami gangguan osteoporosis.

10. Membantu menyehatkan gigi
Dunia basil bisa menyehatkan gigi. Struktur gigi dan tulang hampir sama dan akan mengalami pengeroposan bila tak dijaga kesehatannya dengan baik. Daun ini bisa menjadi solusi sehat Anda tanpa efek samping.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser