-->
4 Hal Menjalani Hidup Sehat Setelah Didiagnosis Dengan HIV/AIDS

4 Hal Menjalani Hidup Sehat Setelah Didiagnosis Dengan HIV/AIDS

4 Hal Menjalani Hidup Sehat Setelah Didiagnosis Dengan HIV/AIDS

4 Hal Menjalani Hidup Sehat Setelah Didiagnosis Dengan HIV/AIDS
Ilustrasi Diagnosis HIV


Go- Health , Mendengar berita buruk dari dokter bahwa Anda terinfeksi HIV atau AIDS sangat sulit di percaya dan menerima di hidup Anda. Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ketakutan hidup dengan HIV adalah mempelajari sebanyak mungkin tentang penyakit Anda miliki.

Memahami HIV dan AIDS juga bisa membantu merawat diri dengan baik. Selain hal tersebut ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu lebih nyaman hidup dengan HIV. Berikut ini yang dapat Anda lakukan dan patut di coba.

1. Mencari Dukungan
Dengan ini Anda dapat berbagi dengan orang yang juga terdiagnosis dengan HIV. Anda bisa menanyakan pada dokter untuk mengetahui adanya kelompok dukungan di area Anda. Anda juga bisa ikut bergabung secara online, bisa saling berkirim pesan atau chat. Selalu mencari informasi yang Anda dapat dari sumber-sumber dengan dokter Anda. Untuk mengetahui informasi yang akurat atau tidak tepat untuk situasi Anda.

Tak hanya itu, Anda juga harus berbagi perasaan dengan keluarga, teman atau orang lain yang mendukung Anda. Cobalah untuk memberitahu ke orang terdekat mengenai kondisi Anda, mereka akan memberikan dukungan dan pengertian. Bantuannya bisa berupa melakukan kewajiban menjaga anak, kunjungan ke dokter dan pekerjaan, berbagi dengan Anda bagaimana HIV menyebar dan mencegah penyebaran virusnya.

2. Perhatikan Kesehatan Anda
Jika Anda terdiagnosis dengan HIV, hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan. Anda dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dengan dua cara. Pertama, melakukan terapi laboratorium secara rutin.

Adanya tes ini bisa membantu untuk menunjukkan tanda-tanda penyakit sebelum mengalami gejala. Kedua, harus memperhatikan gejala perubahan yang terjadi di tubuh Anda dan berhati-hati ada setiap gejala baru yang aneh di tubuh Anda. Selanjutnya, hubungi dokter untuk membahas perubahan pada kesehatan, baik atau buruk.

3. Perhatikan Kemungkinan Komplikasi
Virus HIV secarac perlahan akan melemahkan sistem imun sehingga bisa menyebabkan komplikasi infeksi serius, seperti kanker atau opertunistik. HIV juga dikenal sebagai penyakit peradangan yang menyerang berbagai bagian tubuh, seperti otak, ginjal, hati, jantung dan meningkatkan risiko kanker. Jika muncul tanda komplikasi di tubuh Anda, segeralah periksakan untuk mengetahui mengenai kesehatan Anda.

4. Miliki Gaya Hidup Sehat
Melindungi dan mengikuti aturan pola makan yang sehat, berpikir positif, olahraga dan melakukan hubungan intim yang aman merupakan cara utama untuk menjaga hidup sehat. Hal itu digunakan sebagai terapi pendukung berjalannya pengobatan, gaya hidup mempunyai peran yang lebih besar dibandingkan dengan pengobatan dalam proses pemulihan. Gaya hidup dapat meningkatkan sistem imun serta mencegah risiko penyebaran HIV melalui hubungan intim.

Meskipun tak ada cara pasti untuk mengobati HIV/AIDS, banyak orang yang hidup dengan HIV masih dpat menikmati umur panjang dan bahagia hidupnya, sebab mempunyai gaya hidup sehat. Tak perlu khawatir jika Anda didiagnosis mengidap HIV. Anda bisa tetap sehat apabila apa yang harus dilakukan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser