-->
9 Manfaat dan Khasiat Bunga Calendula untuk Kesehatan

9 Manfaat dan Khasiat Bunga Calendula untuk Kesehatan

9 Manfaat dan Khasiat Bunga Calendula untuk Kesehatan

9 Manfaat dan Khasiat Bunga Calendula untuk Kesehatan
Bunga Calendula

Go- Health ,Bunga Calendula, sangat di percaya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, bahan kosmetik dan minuman teh yang menyehatkan tubuh. Selain itu sering digunakan sebagai tanaman hias, terkenal sebagai pot marigold yang termasuk dalam famili asteraceae yang merupakan keluarga terbesar tanaman berbunga. Bunga ini memiliki warna kuning atau jingga cerah.
Bunga ini juga bisa di olah menjadi minyak.

Khasiatnya yang dimiliki kandungan anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri serta obat gangguan kulit dan infeksi. Kelopak bunga ini bisa dijadikan teh herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
Berbagai olahan bunga Calendula
Berikut khasiat atau manfaat bunga Calendula.
1. Mengatasi menstruasi yang tak teratur
Bunga Calendula berfungsi untuk mengatasi siklus menstruasi yang tak teratur.  Untuk wanita siklus normalnya dalam waktu sebulan sekali, tapi jika siklus lebih lambat karena hormon yang belum seimbang. Dengan mengonsumsinya, mampu mengurangi kram menstruasi sehingga proses menstruasi akan teratur.

2. Mengurangi nyeri akibat sengatan lebah
Lebah termasuk hewan yang cukup berbahaya dengan sengatan di ekornya. Apabila Anda mengalami sengatan lebah akibatnya merasa nyeri dan sakit. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bunga Calendula sebagai minyak obat, yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri akibat sengatan lebah.

3. Mengatasi kulit kering
Kulit ialah bagian tubuh luar yang memberikan indera perasa. Apabila keadaan kulit selalu kering maka akan cepat timbul kerutan, oleh karena itu Anda suka menggunakan lotion untuk melembabkan. Anda, bisa memanfaatkan bunga ini sebagai lotion kandungan yang ada di bunga ini bisa mengatasi kulit kering sehingga kulit tetap lembab dan sehat.

4. Mengatasi lecet akibat popok
Calendula juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat popok bayi yang terlalu sempit. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan bunga ini sebagai minuman berkhasiat menyembuhkan lecet.

5. Mengobati demam dan batuk
Demam dan batuk pada umumnya terjadi akibat perubahan cuaca yang tak menentu. Dalam kondisi cuaca apapun tentu menginginkan tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit. Cara alaminya bisa dengan memanfaatkan bunga ini sebagai minuman teh, melakukan secara rutin maka hasilnya akan maksimal.

6. Membersihkan racun di tubuh
Racun salah satu zat bisa menimbulkan luka, sakit dan kematian organisme. Untuk membersihkannya dapat menggunakan khasiat bunga Calendula. Kandungan detoksifikasi di bunga ini bermanfaat untuk menghilangkan racun di tubuh sampai bersih.

7 menyehatkan pencernaan
Bunga Calendula berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem pencernaan tet lancar, maka konsumsi bunga ini sebagai minuman teh.

8. Mengobati eksim
Eksim ialah keadaan kulit yang kering, gatal dan kemerahan. Jika tidak ditangani dengan segara makan akan berbahaya. Untuk mengobatinya dapat menggunakan khasiat bunga Calendula yang di dalamnya mempunyai antiseptik dan antimikroba, yang efektif untuk mengatasi luka ringan dan mempercepat pemulihan jaringan kulit.

9. Sebagai obat tetes mata
Bunga Calendula sangat bermanfaat sebagai obat tetes alami, sebab terdapat kandungan yang sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi sakit id mata. Caranya masukkan satu tangkai bunga ke air bersih, diakan beber menit, kemudian teteskan di bagian mata yang sakit.

 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser