-->
Efek Samping Memakai Behel (Kawat gigi) Sembarangan, Berikut Buktinya!

Efek Samping Memakai Behel (Kawat gigi) Sembarangan, Berikut Buktinya!

Efek Samping Memakai Behel (Kawat gigi) Sembarangan, Berikut Buktinya!

Efek Samping Memakai Behel (Kawat gigi) Sembarangan, Berikut Buktinya!
 Efek memakai behel sembarangan
Efek memakai behel sembarangan

Go- Health , Setiap orang terkadang tidak merasa puas dengan yang dimilikinya, banyak berbagai cara untuk menyempurnakan kondisi yang sebelumnya, salah satunya untuk merapihkan gigi dengan memasang behel. Namun, banyak orang tidak memikirkan dampak yang akan terjadi, apabila asal memakai behel tanpa perawatan secara rutin.

Untuk saat ini memakai behel bukan bertujuan untuk merapihkan gigi, namun mengikuti trend fashion yang disukai orang. Hal ini ditandai dengan banyaknya orang memakai kawat gigi meskipun gigi mereka sudah rapih. Dengan berkembangnya hal itu banyak bermunculan tukang pasang kawat gigi yang sebenarnya kurang kompeten dalam bidang tersebut. Pemasangan behel ke ahli gigi jalanan yang mana tukang gigi ini tidak mendapatkan izin dari Persatuan Dokter Gigi (PDGI).

Drg Zaura Rini Angreini, MDS mengatakan bahwa pemakaian behel dpat mengakibatkan efek samping bagi penggunanya apabila yang memasang kawat Gigi kurang memiliki keahlian. Bahaya memakai behel sembarangan akan lebih beresiko apabila pemasangan kawat gigi dipercayakan pada orang yang kurang memiliki ilmu kedokteran gigi.

Berikut ini efek samping memakai behel gigi sembarangan.

1. Karang gigi
Karang gigi bisa timbul akibat pemakaian behel yang tidak dirawat secara benar. Sebab, area bawah dan kawat sulit dibersihkan sehingga sisa makanan yang tersisa menimbulkan penumpukan plak. Penggunaan kawat gigi logam berisiko tinggi terhadap kerusakan gigi dan gusi. Untuk itu gunakanlah sikat gigi khusus jika Anda memakai behel.

2. Alergi
Behel terbuat dari logam seperti tembaga, kromium, nikel. Diperkirakan 30% pasien ortodontik mempunyai alergi pada logam saat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat. Bahkan kemungkinan pengguna yang tidak Mei riwayat alergi bisa menjadi alergi setelah memasang behel. Efek samping yang di timbulkan tembaga, nikel dan kromium pada umumnya ringan dan mudah diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan behel.

3. PMS
Bahaya penyakit menular kemungkinan bisa terjadi bagi seseorang. Sebab kawat logam yang terpasang di gigi Anda berbenturan maka akan menimbulkan luka kecil pada bibir serta bagian dalam di pipi. Ketika Anda terlibat aktivitas dengan mulut Anda, maka luka yang ada pada mulut akan menjadi pintu masuk penyakit seperti HIV dan Hepatitis.

4. Masalah pencernaan
Bahan kawat behel sangat dikhawatirkan jika materialnya memilki bahan berbahaya untuk kesehatan. Jika material tersebut bereaksi dengan air liur maka reaksi nya akan menimbulkan masalah gengguan pencernaan.

5. Muncul kuman dan bakteri
Munculnya kuman dan bakteri disebabkan oleh susahnya membersihkan kuman dan bakteri akan mudah hidup di bagian mulut. Kuman akan mudah sekali terselip disela-sela behel dan karetnya, apabila tak rajin memakai obat kumur pada mulut. Hal ini akan menimbulkan bau mulut. Apalagi kondisi gigi sulit untuk dibersihkan karena ada kawat gigi.

6. Gigi bisa goyah
Gigi bisa goyah saat tulang yang memegang gigi berubah mengikuti kawat yang menempel gigi diatasnya akan goyah.

Supaya terhindar dari 6 bahaya memakai behel (kawat gigi) maka percayakan pada dokter gigi yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Memakai kawat gigi sembarangan​ akan menimbulkan bahaya bekalilipat dari pemasangan kawat gigi.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser